STRATEGIC
MANAGEMENT
“Overview of Strategic
Management”
Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM,
CMA
![]() |
Disusun oleh:
Fauzan 55117120032
Program Studi Magister
Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unversitas Mercu Buana
Jakarta
September 2018
Manajemen strategi memiliki pengertian yang berbeda-beda diantara para
ahli, berikut merupakan beberapa definisi dari manajemen strategi yang
dikemukakan para ahli tersebut:
·
Menurut David (2011) manajemen strategis dapat
didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan,
mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional
yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya.
·
Menurut Thomas Wheelen dan David Hunger (2008)
manajemen strategis adalah serangkaian keputusan manajerial dan tindakan yang
menentukan kinerja jangka panjang dari perusahaan. Hal Ini mencakup pemindaian
lingkungan (baik eksternal dan internal) perumusan strategi (strategi atau
perencanaan jangka panjang) pelaksanaan dan evaluasi pengendalian strategi.
·
Menurut Aime Heene dan Sebastian (2010) manajemen
strategis adalah kesatuan proses manajemen pada suatu organisasi yang
berulang-ulang dalam menciptakan nilai serta kemampuan untuk menghantar dan
memperluas distribusinya kepada pemangku kepentingan ataupun pihak lain yang
berkepentingan.
·
Menurut Afin (2013) manajemen strategis adalah cara
menumbuhkan dan mengatur strategi sebuah organisasi atau perusahaan sehingga
bisa mencapai tujuannya dengan baik dan tepat sesuai sasaran dan waktu yang
telah ditetapkan.
·
Menurut Indriyanty (2013) manajemen strategis
merupakan bagian fundamental dari strategi korporat adalah keputusan mengenai
arena bisnis yang akan di masuki atau di tinggalkan oleh perusahaan.
·
Menurut Pearce II dan Robinson (2008) manajemen
strategis adalah sekumpulan keputusan dan tindakan yang merupakan hasil dari
formula dan implementasi dari rencana yang telah didisain untuk mencapai tujuan
perusahaan.
Penerapan dari manajemen strategis menurut David (2011) memiliki beberapa
manfaat, antara lain:
·
Memungkinkan sebuah organisasi untuk lebih produktif.
·
Memungkinkan sebuah organisasi untuk mengarahkan dan
memengaruhi berbagai aktifitas.
·
Membantu organisasi merumuskan strategi-strategi yang
lebih baik melalui penggunaan pendekatan terhadap pilihan strategi yang lebih
sistematis, logis, dan rasional.
·
Mencapai pemahaman dan komitmen dari semua manajer.
·
Hadirnya peluang bahwa proses tersebut menyediakan
ruang yang mampu memberdayakan individu.
Dalam
membuat strategi dan mengeksekusinya, terdapat lima tahapan yang saling berhubungan,
yaitu:
1. Mengembangkan
Visi, Misi dan menentukan core values
2. Menetapkan
tujuan perusahaan
3. Mengembangkan
strategi
4. Mengeksekusi
strategi
5. Melakukan
evaluasi dan mengambil langkah perbaikan
Adapun
strategi umum yang sering diterapkan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan
kompetitif dibandingkan perusahaan rival antara lain:
·
Low-Cost
Provider Strategy
·
Broad
Differentiation Strategy
·
Focused
Low-Cost Strategy
·
Focused
Differentiation Strategy
·
Best-Cost
Provider Strategy
Beberapa
strategi yang diterapkan oleh Starbucks untuk memperoleh dan mempertahankan
keunggulan kompetitif nya antara lain:
·
Melatih
'barista' untuk dapat menyajikan berbagai macam minuman sehingga memungkinkan
bagi pelanggan untuk memesan minuman khusus (atau racikan sendiri yang tidak
terdapat pada menu) yang dapat memuaskan preferensi individu
·
Hanya
membeli dan menyajikan kopi yang memiliki kualitas terbaik
·
Berkomitmen
penuh terhadap kewajiban perusahaan, termasuk di dalamnya kewajiban terhadap
lingkungan, masyarakat serta sosial
·
Terus
meningkatkan jumlah gerai yang dibuka baik secara domestik maupun internasional
agar pelanggan tidak kesulitan apabila ingin menikmati produk Starbucks
·
Memperluas
dan secara berkala memperbaharui produk-produk yang ditawarkan pada gerai
Daftar
Pustaka
Ali, Hapzi. (2018). MODUL PERKULIAHAN STRATEGIC MANAGEMENT:
Overview of Strategic Management. Universitas Mercu Buana
Thompson, A. A.,
Peteraf, M. A., Gamble, J. E., & Strickland III, A. (2014). Crafting
and Executing Strategy : The Quest for Competitive Advantage.
McGraw-Hill.
No comments:
Post a Comment